Jangan Biarkan Hujan Membunuh Taman Bagian 2

Gulma dan Ilalang tumbuh pesat

Turunnya hujan memang membuat tanah menjadi gembur, dan memungkinkan tanamantanaman di atasnya tumbuh subur. Namun, tak hanya tanaman hias yang mendapatkan “hadiah”. Gulma dan ilalang pun mendapatkan pasokan air yang serupa. Otomat s, rumputrumput liar tumbuh lebih pesat dari biasanya, dan mampu merusak nilai estetis sebuah taman hunian.

Solusi

Menurut Ira Puspa, untuk menangani hal ini, rumput-rumput liar tersebut harus rajin disiangi. Paling tidak, seminggu sekali, gulma dan ilalang tersebut harus sering dicabut . Setidaknya, agar taman terjaga kerapiannya.

Munculnya Jamur pada Tanaman

Ketika sebuah tanaman yang biasanya bersifat lembap ditempa oleh air hujan berkali-kali, maka jamur bisa muncul di bagian-bagian tanaman tersebut. Sifatnya yang menumpang hidup pada organisme lain, membuat jamur dapat menyebabkan tanaman tersebut layu dan mati. Salah satunya, jamur Phytium Sp. yang dapat membuat akar tanaman membusuk.

Selain itu, ada pula jamur Fusarium oxysporium yang menjangkit tangkai tanaman, sehingga mudah layu dan membusuk. Selain pada akar dan tangkai, terdapat pula jamur Botrytis Sp, yang menyerang daun. Muncul bercak-bercak di permukaan daun, lalu tersebar ke seluruh daun, dan akhirnya tanaman pun busuk.

Solusi

Untuk mengatasinya, Anda cukup memberikan fungisida ke permukaan tanaman yang rawan terkena jamur. Mengingat harga fungisida di pasaran cukup mahal, Anda bisa membuatnya sendiri. Bahan-bahan yang Anda butuhkan pun cukup mudah ditemukan, antara lain bawang putih, temu ireng, temu lawak, umbi gadung, kencur, dan kunir putih.

Langkah-langkah pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, cuci bahan-bahan tersebut hingga bersih, lalu tumbuk halus satu per satu, hingga bisa dicampur. Rendam campuran tersebut dalam air bersih, lalu taruh dalam wadah tertutup. Diamkan 3-4 hari, agar proses fermentasi terjadi. Setelah itu, peras campuran tersebut, lalu saring hingga membentuk larutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *